Powered by Blogger.
RSS

Pengertian, Jenis dan Dampak Media Sosial

Media Sosial

        Media sosial adalah sebuah media online dengan para penggunanya bisa saling terhubung dan saling berbagi informasi antara satu dengan yang lain. Tidak hanya saling terhubung dan saling berbagi melainkan pengguna juga bisa saling menciptakan isi melalui  blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual lainnya. Blog, jejaring sosial dan wiki adalah media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

      Jenis-jenis media sosial
1. Jejaring sosial adalah sebuah platfrom yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga, atau bahkan orang yang tidak dikenal sekalipun melalui pesan teks. Di samping itu pengguna juga bisa membagikan data pribadinya, hal ini sangat mempermudah dalam menemukan orang yang sudah lama tidak bertemu. Jejaring sosial juga sangat membantu pebisnis dalam mempromosikan barang dagangannya secara online dan memperluas relasi bisnisnya. Tentu ini menjadi keuntungan sendiri bagi para pebisnis. Contoh jejaring sosial yaitu Facebook, twitter, google+ dan masih banyak lagi.

2. Penanda sosial merupakan sebuah platfrom media sosial yang memungkinkan pengguna internet untuk berbagi link karya dan mempromosikannya ke jaringan yang lebih luas. Tujuannya untuk menaikkan jumlah lalu lintas blog atau website bisnis mereka. Contoh penanda sosial adalah melintas net.

3. Berbagi karya adalah sebuah platform yang memudahkan penggunanya untuk berbagi file audio, visual atau audio visual. Tujuan dibagikannya file tersebut ada yang untuk bisnis dan ada yang hanya sekedar untuk berbagi ke teman-teman di media sosial. Contoh berbagi karya yaitu instagram, youtube, google drive.

4. Blogging dan forum adalah sebuah platform internet yang memungkinakan pengguna untuk berbagi isi pikiran, infomasi, bisnis hanya dengan satu halaman. Pemilik akun dan pembac juga bisa berinteraksi dan berdiskusi dalam tulisan tersebut. Contohnya blogger, wordpress, kaskus.

5. Kolaborasi (wiki) adalah sebuah situs yang berisi informasi tertentu dan dapat dengan bebas diedit oleh pengguna lain. Contohnya wikipedia, wikia.

        Semakin hari perkembangan teknologi semakin canggih, tentu hal ini sangat mempermudah manusia, banyak sekali media yang dapat digunakan untuk mengakses media sosial, seperti ponsel pintar, laptop dan lainnya. Namun tak ada gading yang tak retak,dibalik canggihnya teknologi ternyata menyimpan banyak dampak negatif, seperti:
1. Berkurangnya rasa peduli terhadap lingkungan sekitar
orang-orang menghabiskan kebanyakan waktu mereka untuk berkomunikasi di media sosial sehingga dalam dunia nyatanya mereka cenderung tidak peduli terhadap kondisi lingkungan sekitar, mereka lebih memilih untuk bersama gadgetnya darpada memperhatikan lingkungan sekitar.
2. Menjauhkan yang dekat dan mendekatkan yang jauh
Kalimat tersebut sangat cocok untuk mendeskripsikan apa yang sedang terjadi sekarang, kebanyakan orang lebih suka bermain gadget dibanding berkomunikasi dengan orang-orang terdekat, bahkan ketika saling berkumpul pun mereka lebih suka bermain gadget daripada berbagi cerita.
3. Banyaknya orang alay bermunculan
Para pengguna internet berlomba-lomba untuk mencari jati diri mereka di dunia maya, sehingga lupa apa yang dilakukannya sudah berlebihan, mereka berlomba untuk membagikan status, dan juga foto, bahkan mereka rela berfoto di tempat yang berbahaya sekalipun untuk dipamerkan ke media sosial, tak sedikit yang memakan korban dari kejadian tersebut, mereka harus mengorbankan nyawa demi mendapatkan hasil foto yang terbaik, tak kalah dari itu, mereka juga merusak tempat-tempat wisata yang sekarang ini sedang menjadi perbincangan hangat di media sosial seperti yang terjadi di jembatan gantung yang roboh di Aceh. Semua itu dilakukan untuk dipamerkan dan mendapatkan perhatian di media sosial.
4. Tidak mau berusaha dan menginginkan sesuatu secara instan
Bagaimana tidak, dijaman yang semakin canggih apapun bisa dilakukan secara instan, sehingga mengakibatkan ketergantungan, contohnya jika lapar hanya dengan order makanan melalui media sosial, makanan akan sampai ke rumah kita.
5. Banyaknya penipuan di media sosial
Media sosial selain sarana untuk berbagi informasi, juga bisa sebagai sarana bisnis, pengguna bisa berbelanja melalui internet. Hal ini tentu memicu adanya oknum curang yang ingin mendapatkan uang banyak tapi dengan cara yang instan, penipuan menjadi salah satu alternatifnya. Pengguna diminta hati-hati dalam berbelanja.
        Dari banyaknya dampak negatif yang ada, tak bisa dipungkiri, media sosial sangat besar manfaatnya bagi kehidupan manusia, oleh karena itu, para pengguna diminta untuk menggunakan media sosial secara bijak dan seperlunya sehingga dampak negatf dari media sosial dapat diminimalisirkan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment